ABSTRAK
Masalah penelitian ini apakah dengan menggunakan strategi
SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)
dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
melalui strategi SQ3R pada murid kelas V SDN KIP Bara-Baraya II Kota
Makassar. Setting penelitian ini dilakukan di SDN KIP Bara-Baraya II Kota
Makassar. Subjek penelitian ini adalah murid kelas V SDN KIP Bara-Baraya II
Kota Makassar tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 24 murid. Teknik analis data
dibagi menjadi 2 dimana analisis data hasil observasi dianalisis secara
kualitatif dan analisis data hasil tes dianalisis secara kuantitatif. Hasil
observasi aktivitas murid pada siklus 1 dapat dinyatakan dalam kategori kurang
baik sedangkan hasil observasi siklus 2 dinyatakan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)
sangat berpengaruh pada peningkatan kemampuan membaca pemahaman murid kelas V SDN KIP
Bara-Baraya II Kota Makassar dengan skor rata-rata pada Siklus I masuk
pada kategori kurang dan pada siklus II masuk pada kategori baik. Berdasarkan
hasil aktivitas belajar murid setelah menerapkan strategi SQ3R mengalami
peningkatan, hal ini menunjukkan ketercapaian beberapa aspek dengan melihat
frekuensi murid yang aktif dalam setiap aspek. Hal tersebut ditunjukkan dengan
melihat masing-masing indikator yang ada pada tiap-tiap unsur SQ3R yang menunjukkan
peningkatan secara signifikan. Kesimpulan, dengan peningkatan kemampuan membaca
pemahaman tersebut berarti strategi SQ3R terbukti dapat meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman murid kelas V SDN KIP
Bara-Baraya II Kota Makassar.