Minggu, 13 Januari 2013

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Murid Kelas V SD Inpres Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar

ABSTRAK
 Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam melalui model pembelajaran berbasis masalah pada murid Kelas V SD Inpres Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam melalui model pembelajaran berbasis masalah pada murid Kelas V SD Inpres Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif desktiptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini, yaitu model pembelajaran berbasis masalah dan peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid. Setting penelitian ini dilaksanakan pada SD Inpres Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar. Subyek penelitian ini adalah guru dan murid kelas V SD Inpres Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar dengan jumlah 29 orang murid, terdiri dari 18 laki-laki dan 11 perempuan pada semester genap tahuan akademik 2011/2012. Proses penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik kuantitif deksriftif dan statistik kuantitatif, dimana data hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar murid yang terkumpul dianalisis secara statistik kuantitif deksriftif dan hasil tes belajar murid diakhir siklus dianalisis secara statistik kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah indikator proses dan indikator hasil. Hasil belajar ilmu pengetahuan alam murid yang diperoleh pada siklus I berada pada kategori hasil belajar cukup dan pada siklus II berada pada kategori hasil belajar baik, hal ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam melalui model pembelajaran berbasis masalah pada murid kelas V SD Inpres Puri Taman Sari Kecamatan Manggala Kota Makassar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar