ABSTRAK
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar murid pada mata pelajaran PKn di kelas II SDN 025 Limpomajang Kecamatan
Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan
tindakan dengan menerapkan metode advance
organizer. Rumusan masalah adalah bagaimanakah
penerapan metode advance organizer dapat
meningkatkan hasil belajar PKn murid kelas II SDN 025 Limpomajang Kecamatan
Baebunta Kabupaten Luwu Utara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui penerapan metode advance organizer murid kelas II SDN 025 Limpomajang Kecamatan
Baebunta Kabupaten Luwu Utara. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif dan jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Fokus penelitian adalah penerapan metode advance
organizer dan hasil belajar. Tehnik pengumpulan data observasi dan tes, analisis
yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif berupa
persentase dan tabel frekuensi. Penelitian
ini dilaksanakan di SDN 025 Limpomajang Kecamatan
Baebunta Kabupaten Luwu Utara di kelas II yang muridnya
berjumlah 20 orang yang terdiri dari 11 murid laki-laki dan 9 murid perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar dari siklus I ke siklus II melalui melalui penerapan metode advance organizer.
Pada siklus Iberada pada kategori
cukup disebabkan karena guru belum menerapkan langkah-langkah pembelajaran
melalui melalui
penerapan metode advance organizer dengan baik sedangkan hasil belajar siklus II
berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui melalui penerapan metode advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar PKn
murid kelas II SDN 025 Limpomajang Kecamatan
Baebunta Kabupaten Luwu Utara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar