Minggu, 13 Januari 2013

Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Penerapan Metode Advance Organizer Murid Kelas II SDN 025 Limpomajang Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara


ABSTRAK

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid pada mata pelajaran PKn di kelas II SDN 025 Limpomajang Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan tindakan dengan menerapkan metode advance organizer. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan metode advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar PKn murid kelas II SDN 025 Limpomajang Kecamatan Baebunta  Kabupaten Luwu Utara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui  penerapan metode advance organizer murid kelas II SDN 025 Limpomajang Kecamatan Baebunta  Kabupaten Luwu Utara. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian adalah penerapan metode advance organizer dan hasil belajar. Tehnik pengumpulan data observasi dan tes, analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif berupa persentase dan tabel frekuensi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 025 Limpomajang Kecamatan Baebunta  Kabupaten Luwu Utara di kelas II yang muridnya berjumlah 20 orang yang terdiri dari 11 murid laki-laki dan 9 murid perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II melalui melalui  penerapan metode advance organizer. Pada siklus Iberada pada kategori cukup disebabkan karena guru belum menerapkan langkah-langkah pembelajaran melalui melalui  penerapan metode advance organizer dengan baik sedangkan hasil belajar siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui melalui  penerapan metode advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar PKn murid kelas II SDN 025 Limpomajang Kecamatan Baebunta  Kabupaten Luwu Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar